Friday, November 17, 2017

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Tertimpa Windows

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Tertimpa Windows

grub ubuntu
Grub Ubuntu

Pada postingan kali ini gue akan sedikit sharing bagaimana cara mengembalikan grub ubuntu ataupun linux yang hilang tertimpa windows.


Yang mana kemaren gue sempet install ulang laptop gue, nah gue install laptop dengan sistem operasi Windows, dan gue juga install Linux, dan setelah instalasi selesai, Si Jendela(Windows) Gak muncul di Grub, Bikin Kepala Pusing :D.


Dan pada akhirnya aku curhat sama si Mbah Google Dia jawabnya gini "Hem Itu Mah Gampang", Setelah Mbah Bilang seperti itu ke gue, si mbahpun mengajariku bagaimana cara mengatasi maslah tersebut,,,,:D.


Oke Langsung Aja Biar gak lama-lama penasarnnya:

1. Anda Booting/try Ubuntu Atau linu Anda menggunakan Live CD/Live USB.

2. Setelah itu Buka terminal, lalu masukkan perintah "sudo su".


3. Lalu masukkan perintah "fdisk -l", maka akan muncul semua partisi yang sudah kita buat di hard disk kita.


4. Nah setelah itu masukkan perintah berikut untuk mount partisi linux anda "mount /dev/sda....(Nomor Partisi sistem Liux Kamu) /mnt", seperti contoh:



"mount /dev/sd2 /mnt"

5. Setelah Itu masukkan perintah 


"grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda"

Jika perintah diatas tidak bisa(Error), coba perintah berikut

"grub-install --root-directory /mnt/ /dev/sda"

jika berhasil maka akan muncul notifikasi text seperti berikut


"installation finished. no error reported."


Setelah itu update grub dengan cara masukkan perintah "update-grub"

Sekian tutorial cara mengembalikan grub ubuntu yang tertimpa windows.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment